Selasa, 03 Desember 2013

20 Alamat Web yang paling terkenal saat ini

20 Situs Web Terpopuler di Dunia dan di Indonesia



Menurut om Wikipedia, situs web (Bahasa Inggris: web site) atau cukup disebut situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Google, Yahoo!, Facebook, adalah



Menurut om Wikipedia, situs web (Bahasa Inggris: web site) atau cukup disebut situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Google, Yahoo!, Facebook, adalah beberapa contoh dari situs yang terpopuler di dunia hingga detik ini. Oh ya, perlu juga dicatat bahwa blog bukanlah sebuah situs web / website. Tapi tidak untuk penyedia layanan blog (blogger, wordpress, dll), mereka termasuk situs web.

Kembali ke pokok pembahasan, 20 situs dibawah ini diurutkan berdasarkan jumlah pengunjung yang bersumber dari Alexa.com dan diakses pada tanggal 16 januari 2012. Dan berikut..


20 situs web terpopuler sejagat raya: (global)


1 Google



Siapa yang tidak kenal Google? Situs yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, telah merubah cara banyak orang dalam berbagai hal terutama untuk mencari sesuatu. Perusahaan ini dikenal dengan etos kerjanya yang santai, yang berkantor pusat di Mountain View, California, USA. Google memiliki karyawan sebanyak 20.621 orang dengan laba bersih US$6.520 miliar.


2 Facebook



Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.


3 YouTube



YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.

Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.


4 Yahoo!



Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.

Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.


5 Baidu



Biasa dikenal dengan sebutan Baidu adalah perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk diantaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedi yang dibangun secara kolaboratif. Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Baidu.com Inc. adalah merek terdaftar di Kepulauan Cayman.


6 Wikipedia



adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia.


7 Windows Live



Windows Live adalah brand dari seperangkat layanan dan produk perangkat lunak dari Microsoft, sebagai bagian dari layanan perangkat lunak tambahan mereka. Kebanyakan layanan tersebut merupakan aplikasi situs web yang diakses melalui peramban, meskipun ada pula layanan berupa aplikasi klien yang perlu diinstalasi terlebih dahulu pada komputer pengguna. Ada tiga jenis layanan Windows Live: aplikasi Windows Live Essentials, layanan web, dan layanan mobile.


8 Blogspot.com



Blogspot atau Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.


9 Amazon



Amazon.com adalah toko daring yang menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer, dan barang-barang lainnya. Amazon.com merupakan toko online terbesar untuk saat ini. Didirikan pada Mei 1994 di Manhattan oleh Jeff Bezos, seorang pekerja di D.E. Shaw.


10 Twitter



Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.


11 QQ



Tencent QQ, biasanya disingkat QQ, adalah program pengirim pesan instan paling populer di Tiongkok daratan, dan terpopuler ketiga di dunia. Tencent QQ muncul sebagai fenomena budaya modern. Selain program pengirim pesan instan, QQ juga memiliki fitur permainan, hewan peliharaan, nada dering, pengunduhan, dll. Tencent didirikan di Shenzhen (深圳市), Cina, pada 11 November 1998.


12 Taobao



adalah situs berbelanja yang berbahasa mandarin, yang mempunyai fungsi mirip dengan eBay, Rakuten, dan Amazon. Situs ini didirikan oleh Alibaba Group pada Mei 2003 setelah eBay membeli Eachnet, sebuah situs lelang terbesar di China dengan harga 180 juta dollar dan menjadi pemain utama di pasar elektronik komersial China. Pada bulan juni 2011, CEO Alibaba Jack Ma menyatakan bahwa Taobao akan dibagi menjadi 3 perusahaan berbeda, yaitu: eTao, Taobao Mall, dan Taobao Marketplace.


13 Google India

14 Yahoo! Jepang

15 MSN

16 LinkedIn

17 Sina

18 WordPress

19 Google Jerman

20 eBay


Sedangkan untuk 20 situs terpopuler di Indonesia:


1 Facebook

2 Google Indonesia

3 Google

4 YouTube

5 Yahoo!

6 Blogspot.com

7 Kaskus

8 Wordpress

9 Twitter

10 Detik.com

11 Blogger.com

12 4Shared

13 Wikipedia

14 Kompas.com

15 VIVAnews.com

16 KlikBCA

17 MediaFire

18 Amazone.com

19 adf.ly

20 Detiknews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar